Home Berbol Fix, Piala Eropa 2016 Tanpa Belanda

Fix, Piala Eropa 2016 Tanpa Belanda

1060

Fix,-Piala-Eropa-2016-Tanpa-Belanda

Berbol.com – Lanjutan Piala Eropa 2016 dini hari tadi merupakan hari berat untuk Belanda yang harus berjuang keras untuk meraih tiket play off dan menembus partai final Euro 2016 di Prancis tahun depan nanti. Namun secara mengejutkan, Belanda yang bertindak sebagai tuan rumah justru harus menelan kekalahan 2-3 dari Republik Ceko di depan pendukungnya sendiri. Hal ini membuat Belanda gagal melaju ke putaran final Piala Eropa untuk kali pertama sejak 1984 silam.

Belanda dipastikan gagal meraih posisi ketiga klasemen grup A setelah di pertandingan lain Turki menang tipis 1-0 atas tamunya, Islandia. Kekalahan Belanda tadi malam memaksa Belanda harus puas berada di peringkat empat dengan raihan13 poin dari 10 pertandingan, sementara saingannya, Turki, berada di peringkat ketiga dengan 18 poin yang otomatis lolos setelah menjadi peingkat ketiga terbaik.

Terakhir kali Belanda absen di perhelatan akbar benua biru ini adalah pada Piala Eropa tahun 1984 silam. Saat itu mereka juga gagal menembus partai puncak setelah kalah bersaing dengan tim matador, Spanyol.

Uniknya, ada kesamaan di antara Piala Eropa 1984 dan Piala Eropa 2016 yang tak akan diikuti oleh Belanda, yaitu digelar di Prancis. Saat Piala Eropa pertama kali digelar pada 1960 di Prancis, Belanda juga absen meski saat itu mereka memang tak mengikuti babak kualifikasi.