Home Berbol Italia Tutup Kualifikasi dengan Kemenangan Tipis atas Norwegia

Italia Tutup Kualifikasi dengan Kemenangan Tipis atas Norwegia

674

Italia-Tutup-Kualifikasi-dengan-Kemenangan-Tipis-atas-Norwegia

Berbol.com – Italia yang sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis sukses mengakhiri pertandingan pamungkasnya dengan kemenangan di Stadion Olimpico atas tamunya, Norwegia, dengan skor tipis 1-0. Hasil ini memaksa Norwegia harus bermain lagi di babak play off karena perebutan peringkat keduanya bersama Kroasia harus dikalahkan Kroasia yang berhasil memetik kemenangan atas Malta di pertandingan lainnya.

Italia yang telah dipastikan lolos dan tanpa beban bermain terbuka sejak menit awal pertandingan dimulai. Kurang rapinya pertahanan Norwegia di 10 menit awal membuat Italia beberapa kali hampir membuka keunggulan. Sebut saja peluang Eder di menit ke-13 setelah menerima umpan silang dari Alessandro Florenzi. Namun sayang, umpan matang tersebut gagal dikonversikan menjadi gol oleh Eder untuk

Permainan mulai hidup ketika Norwegia menebar beberapa ancaman, di antaranya melalui aksi Per Ciljan Skjelbred dan Omar Elabdellaoui. Bahkan Norwegia mengejutkan publik tuan rumah pada menit ke-23 ketika Alexander Tettey berhasil melepas tendangan kencang ke arah gawang Gianluigi Buffon dan membuka keunggulan tim tamu. Skor 0-1 untuk keunggulan Norwegia.

Tertinggal satu gol, Italia semakin meningkatkan tempo permainan. Di menit ke-35 Graziano Pelle punya peluang emas untuk menyamakan kedudukan di depan gawang Nylend, namun sayang bola hasil sambarannya masih melebar dari gawang Norwegia. Skor 0-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Italia bermain dengan dominasinya untuk mengejar ketertinggalan. Sejumlah peluang kembali diterima Pelle yang diplot sebagai ujung tombak Gli Azzuri. Namun sayang beberapa peluang tersebut masih saja belum bisa dimaksimalkan oleh penyerang Southampton tersebut.

Upaya Italia akhirnya membuahkan hasil saat laga memasuki menit ke-73 setelah pemain belakang Norwegia tidak dapat berkomunikasi baik dengan penjaga gawangnya. Alhasil Florenzi dapat menyambar bola yang maksudnya diantisipasi tersebut. Skor menjadi 1-1 untuk kedua kesebelasan.

Dapat menyamakan skor, mental pemain Italia makin membaik dan akhirnya dapat merubah keadaan kala Pelle akhirnya dapat mencetak gol melalui tendangan voli setelah meneruskan umpan yang dikirim oleh Florenzi di menit ke-82. Skor bertahan 2-1 untuk keunggulan tuan rumah hingga wasit meniup peluit panjang akhir petandingan.

Susunan Pemain:
ITALIA (3-5-2): Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Darmian, Florenzi, Montolivo, Soriano, De Sciglio; Eder, Pellè.

NORWEGIA: (4-2-3-1): Nyland; Eladbellaoui, Hovland, Forren, Aleesami; Johansen, Tettey; Berget, Henriksen, Skjelbred; Soderlund.