Home Berbol Lima Pemain dengan Nilai Transfer Termahal Sepanjang Sejarah Sepak Bola

Lima Pemain dengan Nilai Transfer Termahal Sepanjang Sejarah Sepak Bola

2187

gareth-bale

Berbol.com – Bursa transfer sepak bola memang bisa dikatakan sebagai bumbu penyedap dalam hidangan sepak bola. Karena dari sinilah mulai dari rumor, kepindahan-kepindahan pemain secara mengejutkan, maupun harga nilai transfer pemain menjadi perbincangan media-media sepak bola dunia.
Pindahnya Raheem Sterling dari Liverpool ke Manchester City dinilai sebagai transfer termahal musim ini. Namun pemainmuda timnas Inggris tersebut belum bisa masuk ke dalam 5 transfer termahal sepanjang masa. Lalu siapa saja para pemain dengan nilai transfer termahal sepanjang sejarah perjalanan sepak bola? Berikut ulasannya.

1. Gareth Bale (Tottenham Hotspur ke Real Madrid | 86 juta pounds)
Setelah melewati masa pemberitaan kepindahan besar ini, akhirnya Madrid secara resmi merekrut Bale sebagai pemain anyarnya dari Tottenham Hotspurs dengan nilai transfer 86 juta pounds atau setara Rp1,4 triliun. Pemain asal Wales itu dikontrak berdurasi enam musim dengan gaji sebesar 300.000 pounds atau Rp5,3 miliar lebih per pekan. Nilai pembelian ini memecahkan rekor pembelian Cristiano Ronaldo pada 2009 dengan nilai sebesar 80 juta pounds atau Rp1,3 triliun lebih. Hingga saat ini rekor pembelian Bale dari Spurs menuju Madrid belum terkalahkan.

2. Cristiano Ronaldo (Manchester United ke Real Madrid | 80 juta pounds)
10 Juni 2009 Madrid resmi memboyong Cristiano Ronaldo dari Manchester United dengan harga 80 juta euro. Kabar kepimdaham Ronaldo berawal ketika ia mulai menjadi musuh publik Inggris dari Piala Dunia 2006 ketika ia berduel dengan Wayne Rooney yang berbuntut pada dikeluarkannya penyerang Manchester United tersebut.
Pada 2009, label pemain termahal sempat menjadi milik Cristiano Ronaldo saat hijrah dari Manchester United ke Real Madrid dengan melibatkan uang senilai 80 juta poundsterling atau hampir setara dengan Rp 1,3 triliun. Bibit kepindahan Ronaldo ke Los Blancos -julukan Madrid- mulai muncul ketika sang bintang jadi musuh publik sepakbola Inggris pada gelaran Piala Dunia 2006 di Jerman. Sejak saat itu menjelang musim panas 2007, Cristiano mulai berdiskusi dengan agen dan mempertimbangkan masa depannya.

3. Luis Suarez (Liverpool ke Barcelona | 75 juta pounds)
Proses perpindahan Suarez dari Liverpool awalnya berjalan cukup rumit. Namun Barcelona akhirnya dapat menyelesaikan transfer pemain timnas Uruguay tersebut dengan nilai 75 juta pounds atau senilai 1,48 triliun rupiah pada 11 Juli 2014 tahun lalu. Transfer Suarez sendiri menjadi pusat perhatian pecinta sepak bola dunia. Pasalnya sang pemain baru saja terkena hukuman FIFA selama 4 bulan dilarang berhubungan dengan kegiatan sepak bola lantaran ulahnya menggigit Bek timnas Italia,Giorgio Chiellini, di Piala Dunia 2014 silam. Namun ketajaman Suarez bersama Liverpool membuat Barca tetap memboyong pemain tersebut. Hal ini terbukti, saat Suarez dapat membantu Barcadalam meraih treble winners di musim 2014-2015.

4. James Rodriguez (AS Monaco ke Real Madrid | 71 juta pounds)
Real Madrid memang pantas masuk jajaran klub terkaya di dunia. Pasalnya untuk kesekian kalinya Los Blancos berani mengeluarkan dana besar untuk memboyong pemain-pemain kelas dunia ke Bernabeu. Kali ini pemain AS Monaco, Jamez Rodriguez yang menduduki peringkat keempat transfer termahal di dunia. Pindahnya James bermula ketika penampilan gemilang sang bintang baru tersebut di gelaran Piala Dunia 2014 lalu bersama timnas Kolombia. Ia sempat menjadi top skorer pada pesta akbar sepak bola dunia tersebut. Hal ini membuat Madrid kepincut dan mendatangkannya untuk dipasang di belakang Benzema, Ronaldo, dan Bale di skuat Madrid dengan harga transfer sebesar 71 juta pounds atau senilai Rp 1,4 triliun.

5. Angel Di Maria (Real Madrid ke Manchester United | 59,7 juta pounds)
Angel di Maria menduduki pemain dengan nilai transfer termahal kelima setelah kepindahannya dar Real Madrid ke Manchester United pada musim panas 2014 lalu. Nilai transfer Di Maria yang mencapai angka 59,7 juta pounds ini menjadi nilai transfer termahal klubklub Inggris kala itu. Namun sayang sang pemain timnas Argentina tersebut tidak bertahan di United akibat penampilannyayang kurang konsisten bersama setan merah. Hal ini membutanya pergi dari United dan memilih bergabung bersama PSG di bursa transfer beberapa waktu lalu.