Home Berbol Piala Jenderal Sudirman Siap Ramaikan Sepak Bola Tanah Air

Piala Jenderal Sudirman Siap Ramaikan Sepak Bola Tanah Air

1241

Jenderal-Gatot-N

Berbol.com – Tidak terhelatnya kompetisi utama Indonesia Super League (ISL) pada musim kompetisi tahun ini di Indonesia nampaknya tidak mengurangi niatan beberapa penyelenggara kompetisi untuk mengisi kekosongan jadwal. Setelah sebelumnya Piala Presiden dapat berlangsung dengan lancer, kali ini giliran TNI yang menggagas kejuaran bertajuk Piala Jenderal Sudirman.

Kejuaraan yang digagas oleh Panglima TNI Jenderal Gatoto Nurmantyo berhasil menggaet panpel kompetisi sebelumnya yakni Mahaka Sports and Entertainment sebagai partner berlangsungnya kejuaraan kedua pada tahun ini. “Maka kami mengambil inisiatif untuk menggelar Indonesia Championship Jendral Sudirman Cup. Sesuai arahan Bapak Presiden, sepakbola harus terus berjalan dan dapat mencerminkan sebuah transparansi serta tata keola yang lebih baik dalam penyelenggaraanya. Untuk itu turnamen ini siap menjalankan amanat tersebut,” ujar Panglima TNI, Jenderal Gatot selaku ketua dewan perlindung turnamen.

Bak pemuas dahaga kerinduan akan hiburan sepak bola di tanah air, turnamen ini disambut baik oleh beberapa 14 klub ISL seperti Arema Cronus, Bali United, Pelita Bandung Raya (PBR), PSM Makassar, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persela Lamongan, Mitra Kukar, Persipura Jayapura, Sriwijaya FC, Persegres Gresik, Pusamania Borneo FC, Bonek FC, dan juga Persiba Balikpapan. Ditambah satu tim lagi dari klub PS TNI. 15 tim ini nantinya akan memperebutkan hadiah yang cukup besar, yakni hadiah total 4,5 Milyar Rupiah.

Sementara sistem pertandingan yang akan digunakan adalah system setengah kompetisi, di mana pada babak awal 15 tim akan dibagi menjadi 3 grup yang masing-masing grup akan melakoni pertandingan di Malang, Surabaya, dan  Bali. “Pemilihan Bali dan Malang sebagai tuan rumah karena pencapaian mereka sebagai tuan rumah di Piala Presiden yang begitu baik. Sedangkan Surabaya sebagai kota pahlawan dan sangat mencerminkan semangat perjuangan TNI,” ujar CEO Mahaka sekaligus ketua pelaksana, Hasani Abdul Gani.

Di babak delapan besar pertandingan akan menggunakan format home turnamen di dua kota (tepatnya akan ditentukan kemudian). Babak semifinal akan diberlakukan format home and away, dan di babak final baru menggunakan sistem single match.